Beranda Uncategorized 10 Tempat Wisata di Jambi yang Menarik Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Jambi yang Menarik Dikunjungi

Jambi merupakan sebuah kota yang memiliki nama yang sama dengan provinsinya. Sarana dan prasarana yang dimilikinya cukup baik dan lengkap, salah satunya dalam sektor pariwisata. Terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dinikmati. Tepat wisata di Jambi banyak menyuguhkan nuansa yang menarik dan memesona yang dapat membuat para traveller berbondong-bondong mengunjunginya. Memang suguhan wisata di Jambi sangat banyak, tapi agar Anda tidak terlalu bingung memilihnya. Berikut ini sudah dirangkum mengenai wisatamenarik yang ada di Jambi.

1Masjid Agung Al Falah

 

Masjid yang dikenal dengan Masjid 1000 Tiang ini merupakan masjid terbesar di Provinsi Jambi yang berlokasi di Jalan Sultan Thaha No. 60 Legok, Kota Jambi. Masjid ini bisa Anda pilih sebagai wisata religi kala berkunjung ke Jambi. Masjid yang dibangun di atas tanah 2,7 hektar ini memiliki sejarah mendalam. Konon, dulunya tanah yang dijadikan masjid ini merupakan pusat Kerajaan Melayu Jambi. Yang, akhirnya sejak tahun 1971 beralih fungsi menjadi masjid yang indah. Bangunannya dirancang secara terbuka, baik dari pintu atau pun jendelanya pun terbuka, yang sedari awal kondisinya terjaga seperti itu hingga saat ini.

2Masjid Agung Pondok Tinggi

Wisata religi lainnya yakni masjid Agung Pondok Tinggi yang berada di Desa Pondok Tinggi, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Jambi. Masjid ini sangat bersejarah, karena menjadi saksi nyata dalam penyebaran Islam di kawasan ini. Masjid yang selesai pada tahun 1902 dibangun secara gotong royong dari warga setempat. Masjid yang beratap tumpang bersusun tiga yang semakin ke atas semakin kecil ini, memiliki sarana penunjang seperti perpustakaan dan radio RSP (Radio Suara Pondok Tinggi) yang menyalurkan berbagai macam aktivitas dakwah Islam.

3Masjid Keramat Kerinci

Masih tentang wisata religi, yakni masjid Keramat. Masjid ini merupakan masjid tertua di Jambi, yakni telah berdiri sejak tahun 1880 yang didirikan oleh sultan yang pernah berkuasa di kawasan tersebut yakni habib Syayid Idrus bin Hasan Al-Jufri. Masjid  yang berlokasi di Desa Koto Tuo, Pulau Tengah, Percam (Perwakilan Kecamatan) Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini kerap dikunjungi oleh para penikmat wisata religi. Di masjid ini, Anda akan menyaksikan kaligrafi yang indah menghiasi sekeliling masjid Keramat ini. Selain itu, mimbar asli yang cukup tua berdiri di sebelan kanan mihrab, Anda akan merasakan keklasikan dari mimbar yang cukup tua tersebut. Masjid Keramat mempunyai ciri khas jendela yang berpasangan yang mengelilingi masjid, terkecuali bagian mihrab.

4Gunung Kerinci

Selanjutnya ada wisata alam dari Jambi yakni menikmati pesona Gunung Kerinci. Gunung yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia, yakni ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Dengan ketinggian itu, banyak pendaki yang ingin mencapai puncak untuk menyaksikan pemandangan luar biasa menakjubkan. Secara umum, untuk mendak gunung ini diperlukan waktu dua hari. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Kekayaan alamnya, baik flora atau pun fauna yang disuguhkannya membuat para pendaki bersemangat untuk mendaki gunung menakjubkan ini.

5Kebun Teh Kayu Aro

 

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yakni kebun teh tertua, tertinggi dan terluas di Indonesia yaitu kebun Teh Kayu Aro. Kebun penghasil teh hitam ini, menghampar luar di atas tanah seluas 2500 hektar dengan ketinggian 1600 mdpl. kebun Teh Kayu Aro Lokasinya di kaki Gunung Kerinci, tepatnya di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Jaraknya 434 km dari pusat Kota Jambi dan memakan waktu perjalanan naik mobil selama 9 jam. Paling dekat menuju ke sana, dari Kota Sungai Penuh yang berjarak 32 km saja. Kebun yang berdiri sejak tahun 1925 ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Udaranya yang sejuk akan menenangkan pikiran Anda. Kegiatan seru lainnya yaitu bisa menyaksikan bagaimana proses pengolahan teh dari awal hingga akhir. Menariknya, proses pengolahan tehnya tidak menggunakan pewarna atau pun pengawet, jadi benar-benar diolah secara tradisonal dan tetap terjaga kealamiannya.

6Air Terjun Sigerincing

Sebuah Tempat wisata di Jambi yang menyegarkan. Air terjun ini masih terjaga kealamiannya dan masih terjaga kebersihannya.  Untuk mencapai Air Terjun Sigerincing, Anda harus melewati jalur yang lumayan jauh yakni sekitar 300 kilometer dari pusat kota Jambi. Air terjun dengan ketinggian 63 meter ini memiliki air yang sangat dingin namun menyegarkan. Anda bisa berfoto ria dengan nuansa alam yang sangat menakjubkan. Untuk menikmati nuansa tersebut, cukup berkunjung ke Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi.

7Candi Muaro Jambi

Selanjutnya ada wisata sejarah yang bisa menambah wawasan Anda yakni Candi Muaro Jambi, sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha terluas di Indonesia. Candi tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Candi Muaro Jambi sangat terawat dan dicalonkan sebagai salah satu warisan dunia ke UNISCO sejak tahun 2009 yang lalu. Berlokasi di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muara Jambi. Di sana terdapat 61 candi yang berupa gundukan tanah atau menapo, terdapat kanal kunci, kolam, serta gundukan tanah yang memiliki struktur bata kuno di dalamnya.

8Tugu Keris Siginjai (Tugu Monas Jambi)

 

Tak mau kalah dari Jakarta, Jambi pun punya Monas yang tak kalah menarik dari Monas yang berdiri di kota Jakarta. Meskipun ukurannya lebih kecil dibanding yang di Jakarta, Monas Jambi ini dilengkapi dengaan jam dinding berukuran besar yang terdapat pada keempat sisi Tugu Monas tersebut, serta dihiasi ukiran angsa yang begitu indah. Keberadaan Monas Jambi ini mempermudah warga Jambi untuk menikmati Monumen Nasional agar tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta.

9Museum Negeri Jambi

Selanjutnya ada Museum Negeri Jambi yang kini beralih nama menjadi Museum Siginjai. Museum ini merupakan museum terbesar di kota Jambi. Di museum ini, Anda dapat menemukan berbagai koleksi yang menarik, seperti geologi, fisiologi, biologi, etnografi, arkeologi, keramik, senirupa hingga berbagai teknologi pun bisa Anda temukan. Setidaknya terdapat 2.855 koleksi yang terdapat di museum ini. bangunan yang memiliki luas 4.000 meter ini, diresmikan oleh Gubernur Jambi tahun 1981 silam.

10Gentala Arasy

Objek wisata terobosan baru dari kota Jambi yakni Gentala Arasy. Gentala Arasy merupakan menara ikonik Jambi yang dibangun tepat di atas Sungai Batanghari. Menara ini diresmikan secara langsung oleh bapak wakil presiden Yusuf Kalla. Terdapat sejarah yang tersembunyi dari Gentala Arasy. Menara ini merupakan ikon tentang sejarah penyebaran Agama Islam di Kawasan Jambi. Gentala Arasy bukan hanya sekedar menara, karena kerap dianggap sebagai museum Islam yang menyimpan berbagai bukti sejarah perkembangan Islam di jambi.

Bagaimana? Sudah menentukan tempat wisata di Jambi  yang akan Anda kunjungi? Selamat berlibur di kota yang penuh pesona. Happy travelling!