Beranda Kuliner 5 Tempat Wisata Kuliner Khas Kota Batu Malang

5 Tempat Wisata Kuliner Khas Kota Batu Malang

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius.

Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang).  Kota yang sangat terkenal dengan keindahan dan keelokan ini juga memiliki berbagai macam wisata kuliner khas yang harus kamu kunjungi. namun sebelum kamu ke kota batu pasti kamu menginjakan pertama kali di kota malang, maka dari itu kamu juga jangan ketinggalan kuliner khas malang.

1. Sate Landak Bu Ria

Sate landak tentu terdengar asing di para pembaca, makanan terdengar ekstrim ini adalah salah satu objek wisata kuliner ekstrim di wilayah Malang yang patut Anda coba. Makanan dengan daging dari hewan landak ini memang terdengar ekstrim, Sebab Landak memang bukan binatang yang lazim dikonsumsi oleh banyak orang. Tapi, bagi kamu yang memang tertarik untuk mencoba kuliner dengan sensasi berbeda, bisa coba mencicipi nih. Dibalik badannya yang dipenuhi dengan duri-duri, ternyata daging landak mengandung protein yang tinggi. Setelah diolah pun, daging landak begitu lembut dan lezat, karena diolah dengan rempah-rempah.

Khoiriyah adalah pemilik rumah makan ini. Ia sudah merintis bisnis kulinernya ini sejak tahun 2001 lalu. Sejak awal buka, warung miliknya ini menjadi jujugan para penikmat kuliner ekstrim yang merupakan warga Malang sendiri maupun wisatawan. Awal mulanya terbentuknya warung sate landak ini dimulai saat wanita yang akrab disapa Bu Ria ini hanya coba-coba. Ia diminta tetangganya untuk memasakkan daging landak karena daging ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma. Ternyata masakan wanita yang memiliki empat anak ini mendapat tanggapan positif. Dari situlah, muncul dorongan bagi ibu ria untuk membuka rumah makan yang menyediakan sate landak

Di warung Sate Landak Bu Ria, Anda bisa mencoba ragam menu yang cukup ekstrim untuk dicoba. Beberapa menu ekstrim yang bisa Anda pesan antara lain seperti sate dan krengsengan landak, sate dan krengsengan biawak, sate bulus, dan berbagai menu lainnya. Butuh keberanian untuk menangkap hewan itu, terlebih lagi memakannya. Namun, Anda tak perlu takut untuk mencoba berkunjung dan langsung menyantap aneka menu ekstrim tersebut langsung di warung Sate Landak Bu Ria.

Konon, olahan makanan yang berasal dari hewan landak, biawak dan bulus tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Anda yang kebetulan menderita asma, masalah kejantanan, serta berbagai penyakit lainnya bisa juga mencoba untuk mencicipi menu di warung Sate Landak Bu Ria ini. Soal rasa, Anda akan merasa ketagihan setelah satu kali mencoba. Menurut pemilik warung ini, atau yang biasa dipanggil Bu Ria, daging landak dan lainnya yang dihidangkan di rumah makannya cukup empuk dan sedikit kenyal. Racikan bumbu khas Bu Ria pun merupakan hasil eksperimen sendiri, sehingga citarasanya sungguh khas dan asli Malang.

Harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Karena terbuat dari daging hewan yang cukup langka, maka wajar jika warung ini memasang tarif lumayan tinggi. Seporsi sate ini dibandrol dengan harga 15.000 hingga 20.000 rupiah saja, Anda sudah dapat menikmati varian menu tersebut.

Sate Landak Bu Ria ini berlokasi di Jalan Raya Bugis No. 47 Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Warung ini buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam. Akses menuju warung Sate Landak Bu Ria ini pun cukup mudah. Bila naik angkutan umum dari arah terminal Arjosari, Anda hanya perlu naik angkutan AT jurusan Tumpang-Arjosari. Warungnya berada sekitar 500 meter ke arah timur dari wisata Pemandian Wendit.

2. Pos Ketan Legenda Alun-alun Batu

Pos Ketan Legenda 1967 yaitu ketan legenda karena memang sudah berdiri sejak tahun 1967 Kuliner ini sudah tidak asing di telinga traveller yang sering berkunjung ke kota Batu. Jika anda akan melakukan perjalanan wisata ke kota Batu Pos Ketan Legenda bisa jadi salah satu referensi kuliner yang tidak boleh anda lewatkan. Kuliner dengan sajian utama berupa ketan yang tentunya berbeda dari biasanya.

Ketan dengan aneka topping menjadi sajian di kedai ini, tidak kurang dari 12 varian yang dihadirkan dalam daftar menu. Dengan lokasi yang berada di tepi alun-alun Kota Wisata Batu, semakin menambah suasana menyenangkan, karena kita bisa melihat beraneka ragam hiasan alun-alun Kota Wisata Batu, wisatawan yang datang, musisi dan seniman jalanan, pedagang kaki lima dan lain-lain.

Selama berjualan, warung ini pun mengalami pasang surut pembeli. Akan tetapi, kuliner ketan yang diracik dengan berbagai macam inovasi ini sekarang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hampir setiap hari, kedai Pos Ketan Legenda 1967 ini ramai pengunjung. Semakin malam Pos Ketan Legenda semakin ramai. Bangku tambahan pun digelar. Jalan raya di sekitarnya menjadi lautan bangku dan pembeli tentunya. Sebagaimana warung-warung tradisional lainnya, tidak dikenal konsep fast food. Para penikmat dapat nongkrong di tempat ini tanpa harus merasa risih untuk segera angkat pantat. Tidak mengherankan kalau di tempat ini ngobrol bisa menghabiskan waktu.

Pos Ketan Legenda Kota Batu sendiri terletak di sebelah barat Alun-alun Kota Batu atau lebih tepatnya di Jl. KH Agus Salim, Junrejo – Batu. Pos Ketan Legenda di Kota Wisata Batu ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 03.00 WIB. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan fasilitas lesehan, bukanya mulai pukul 22.00 WIB.

Sajian makanan yang berbahan dasar dari ketan putih ataupun ketan hitam ini merupakan kuliner yang biasa dimakan oleh masyarakat Kota Batu. Dalam perkembangannya ketan di Kota Batu dipadukan dengan citarasa keju, coklat, dan juga susu. Adapun menu yang disajikan oleh Pos Ketan Legenda diantaranya ketan cokelat, ketan bubuk, ketan ayam pedas, ketan susu keju, dan lain-lain. Ketan Ayam Pedas yaitu ketan dengan taburan kelapa yang kemudian ditutupi dengan racikan suwiran daging ayam dengan sedikit sentuhan rasa pedas. Paduan gurihnya ketan dan kelapa dapat berbaur dengan rasa pedas dari ayamnya. Ketan Campur yaitu ketan dengan kelapa parut yang diguyur gula merah cair. Tapi tidak hanya itu, bubuk kedelai menjadi pelengkap berikutnya. Ketan Susu Keju yaitu ketan dengan susu dan topping parutan keju, gurihnya ketan bisa meredam rasa manis dari susu. Untuk harga menu ketan ini mulai dari Rp. 3.000 sampai Rp. 16.000 . Konon menu yang paling banyak diburu adalah Ketan Durian; ketan dengan topping durian, susu dann vla durian. Harganya juga paling mahal, Rp. 16.000,-.

3. Pecel Kawi

Pecel ini benar – benar khas Kota Batu di Malang, berada di Jalan Kawi sehingga namanya dinamakan sebagai Pecel Kawi khas Kota Batu. Sejak awal berdirinya Pecel Kawi pada 1975, nasi pecel di sini sudah memiliki banyak idola. Pecel ini berbeda dengan pecel kebanyakan dalam hal rasa, karena guyuran bumbu kacangnya yang menjadikan pecel ini lebih manis, gurih, dan asin sehingga bumbu kacang yang digunakan terasa sangat spesial.

Pecel kawi disajikan dgn sekian banyak bahan yakni nasi yg ditumpangi tauge, kacang panjang, kangkung, timun, daun kemangi & lain-lain & diguyur dgn bumbu pecel & buat pelengkapnya dikasi kripik tempe & peyek kacang. dgn bumbu Pecel Kawi inilah yg dapat membikin tidak sedikit pengunjung tempat wisata buat merindukan rasa pedas & gurih. Rasa manis dr bumbu pecel kawi ini amattepat sekali dgn orang jawa timur. & tak terlampau manis sebagaimana bumbu pecel yg ada di jawa tengah. Disini tersaji jg beragam varian lauk sebagaimana ati ayam, telut mata sapi, babat & masih banyak lagi lauk yg dapat Anda pilih.

Setelah Pecel Kawi tutup sekian lama (sekitar setahun lamanya), karena sang pemilik meninggal dunia dan tidak mempunyai penerus, akhirnya Pecel Kawi kembali buka dengan kepemilikan baru. Walau dengan kepemilikan yang berbeda dengan kepemilikan aslinya, tapi sebenarnya juru masak hingga karyawan yang melayani tetaplah sama. Jadi tidak perlu khawatir tentang rasa khas nya.

Warung Pecel Kawi yang terletak Jalan Kawi No. 43B, Kota Batu Malang yang buka dari jam 07.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Harga dasar nasi pecelnya adalah 8000 rupiah, dengan menambah telur ceplok harga pecel saya menjadi 11.000 rupiah. Apabila Anda ketagihan dan ingin terus mencicipi nasi pecel khas Pecel Kawi, Anda bisa membeli bumbu pecel yang dijual di tempat makan ini. Bumbu pecel dibandrol seharga Rp 80.000.- per kilo nya.

4. Warung Sate Kelinci

Restoran ini terletak di Jl. Patimura No. 126, Temas, Batu, Malang. Akses menuju ke restoran ini sangat mudah. Karena letak restoran ini berada di Jalur utama Kota Batu menuju Malang. Berdiri sejak tahun 2000 , warung sate kelinci ini sudah tidak asing lagi di telinga para pelancong kota batu.

Sate Kelinci sudah tidak perlu diragukan lagi soal khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Pasalnya, sudah banyak yang membuktikan bahwa konsumsi daging kelinci bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti :

  1. Mencegah kanker, karena kandungan niacin, vitamin B12, dan selenium yang terdapat di dalam daging. Zat-zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan demikian, konsumsi rutin daging hewan herbivora ini bisa menekan terkena risiko penyakit kanker.
  2. Mencegah penyakit jantung, Daging hewan lucu ini mengandung kolesterol tak jenuh alias kolesterol baik yang bisa menekan kolesterol jahat dalam tubuh. Mineral natrium yang terkandung dalam daging ini juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Perlu diperhatikan cara pengolahannya supaya khasiatnya tetap manjur, yang terbaik tentu dengan cara direbus atau dikukus.
  3. Sembuhkan asma, Penyakit asma memang membahayakan bagi peneritanya karena bisa sampai tersengal-sengal ketika batuk. Dianjurkan bagi penderita asma untuk mengkonsumsi hati dan jantung kelinci. Hal ini karena zat ketotifen yang terkandung di dalamnya berperan mencegah kambuhnya asma secara tiba-tiba. Akan lebih baik lagi, diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Hindari pengolahan dengan cara digoreng walau terasa lebih nikmat.

Masih banyak lagi manfaat dari daging kelinci. Kelinci yang disediakan disini adalah yang berusia 4-6 bulan, karena pada usia tersebut daging kelinci diyakini memiliki rasa yang manis dan empuk, bahkan keempukannya lebih empuk dari daging ayam.

Lokasi yang berada di Jl. Patimura No.126, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65236, bisa dinikmati sejak pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Untuk harganya, Anda bisa memesan satu porsi yaitu 10 tusuk sate dengan satu nasi yang panas dengan harga Rp30.000. Bumbunya tak berbeda dengan sate biasanya, karena bumbunya tetap menggunakan bumbu kacang, irisan bawang merah, perasan jeruk nipis dan kecap manis yang menjadi pelengkap hidangan. Selain itu Anda bisa memesan makanan lainnya, misalnya Ayam Goreng yang harganya Rp14.000 atau terong dan tempe yang harganya di bawah Rp10.000. Bagi Anda yang dari luar kota jangan lupa memesan tempe gorengnya, karena tempe di Batu, khususnya Malang merupakan tempe yang lezat berbeda dari daerah lainnya.

Konsep restorannya merupakan pondok bambu dan penyajian satenya tak hanya di piring biasa, namun di hot plate. Bila Anda ingin menikmati sate dengan suasana sejuk di luar pun bisa, Anda bisa menuju ke halaman di  samping Depot yang memang telah disiapkan.

5. Jungle Fast Food Resto

 Jungle Fast Food merupakan restoran yang menyajikan nuansa sangat berbeda seperti resto lainnya yang pernah Anda kunjungi. Jungle Fast Food berlokasi di Hotel Pohon Inn tepatnya di Jawa Timur Park 2 Batu, meskipun restoran ini merupakan salah satu dari fasilitas Pohon Inn namun restoran ini dibuka untuk umum. Di Jungle Fast Food ini, Anda lebih diajak untuk menikmati interior dan keunikan tempat resto yang satu ini. Mulai dari arsitektur bergaya hutan rimba hingga makan ditemani oleh hewan hewan Secret Zoo terutama Leopard dan Cheetah yang menjadi primadona Jungle Fast Food ini. Namun Anda tidak perlu khawatir akan keberadaan hewan buas tersebut dikarenakan pihak Hotel Pohon Inn sudah menjamin keselamatan Anda dengan dibatasi oleh kaca tebal.

Meskipun berjudul Fast Food, tetapi menu yang disajikan tidak berupa gerai makanan cepat saji. Restoran ini menawarkan menu prasmanan serta menyuguhkan Indonesian & Oriental Food dengan harga yang cukup terjangkau. Yang membuat restoran ini menjadi menarik adalah dengan hadirnya meja makan diatas lantai yang berputar 360 derajat mengelilingi restoran. Dengan berputarnya tempat dengan sangat pelan membuat Anda seperti lupa tempat semula yang Anda tempati, dan tentunya Anda akan melihat beragam hewan yang memang dipamerkan Pohon Inn untuk menemani waktu bersantai dan makan Anda di Jungle Fast Food. Dan satu lagi keunikan yang diberikan restiran ini yakni penampilan menarik Jungle Live Show yang akan diselenggarakan setiap pukul: 12.00, 14.00, 18.00, & 20.00 wib. Sedikit informasi, terdapat himbauan di restoran ini seperti tidak memperbolehkan memotret hewan disana dengan menggunakan Blitz yang dikhawatirkan bila mata hewan tersebut tersengat cahaya anda akan dikira daging hewan yang akan dimangsanya.