Beranda Tips 8 Tips dan Trik Bulan Madu ke Maldives

8 Tips dan Trik Bulan Madu ke Maldives

honeymoon maldives

8 Tips dan Trik Bulan Madu ke Maldives — Maldives adalah negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan bawah laut dan kemewahan resornya ini sudah menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Terbentang di Samudera Hindia dengan memiliki lebih 1.100 pulau dan 26 atol (pulau karang berbentuk lingkaran), Maldives atau yang juga disebut Maladewa ini menawarkan beragam kesenangan bagi wisatawan yang ingin menikmati “surga dunia”.

Pantas bila banyak wisatawan ingin mengunjungi negara ini meski hanya sekali dalam seumur hidup. Mengakomodasi liburan mewah di tempat terpencil dengan pemandangan indah di sebelah barat daya India adalah kelebihan Maldives. Maldives juga kerap menjadi destinasi pilihan para pengantin untuk berbulan madu karena pemandangan yang indah dan sangat memanjakan mata. Yups Jika Anda berencana berbulan madu ke Maldives bersama pasangan, simak dulu 8 Tips dan Trik Bulan Madu ke Maldives yang tidak boleh kalian lewatkan.

1Waktu Terbaik ke Maldives

Sebagai negara beriklim tropis, Maldives memiliki dua musim utama yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau memiliki sedikit curah hujan, warna air laut yang biru bersih, dan kelembapan udara rendah. Sementara itu, musim hujan cenderung lebih basah yang ditandai dengan angin dan curah hujan yang lebih intens. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk Liburan ke Maldives adalah di musim kemarau, yaitu sekitar November – April. Tak heran, Maldives pada musim kemarau dipenuhi wisatawan. Oleh karena itu, tak heren jika sejumlah resor mendadak menaikkan tarif sewa dan tiket pesawat ke Maldives pun ikut melonjak. Sebagai alternatif untuk wisatawan yang lebih suka liburan dengan suasana tenang, kamu bisa mengunjungi Maldives sekitar September – November, sebelum memasuki high season. Beruntunglah bagi kalian yang menikah dibulan september karena harga – harga ke maldives dan dimaldives tidak begitu mahal dan relatif cukup terjangkau.

2Tiket pesawat


Harga tiket pesawat pulang-pergi dari Jakarta ke ibukota Maldives, Male, bisa dibeli mulai sekitar Rp 5 juta perorang dengan budget airline seperti Tiger Air, scoot, untuk air asia kamu bisa membeli tiket pesawat sekitar 8 juta perorang hingga sekitar Rp 13 juta dengan maskapai Singapore Airlines perorangnya. Umumnya, penerbangan dari Jakarta memerlukan 1-2 kali transit di Singapura, malaysia atau Sri Lanka, sehingga total waktu perjalanan bisa mencapai antara 7-12 jam – tergantung lama transit.

Tip: beberapa budget airlines sering menawarkan tiket promo dengan selisih harga Rp 1 juta-Rp 3 juta lebih murah, dengan keberangkatan dari Singapura. Anda bisa menghemat uang dari selisih harga tersebut, dengan membeli tiket promo pulang pergi Jakarta-Singapura. Pastikan saja jadwal penerbangan Anda tidak terlalu ketat; siapkan minimal 4 jam transit untuk menghindari resiko tertinggal pesawat selanjutnya.

3Mata Uang dan Visa

Mata uang Maldives adalah Maldivian Rufiyaa (MVR), dimana 1 rufiyaa nilainya setara Rp 920.91. Kamu bisa menggunakan mata uang ini untuk membayar kapal feri dan makanan di restoran lokal. Tetapi, sejumlah hotel dan restoran eksklusif hanya menerima pembayaran berupa Dolar AS. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa uang Rufiyaa dan Dolar secukupnya karena sulit menemukan money changer di sekitar pulau-pulau lokal Maldives. Oia untuk kalian yang menukarkan uang Maldivian Rufiyaa (MVR) diharapkan uangnya harus dihabiskan di maldives karena jika kalian kembali ke indonesia sangat jarang money changer yang mau menukarkan uang Maldivian Rufiyaa (MVR) oleh karena itu saya sangat menyarankan kalian tukarkan saja uang dollar di indonesia dan belanjalah dimaldives dengan uang dollar karena semua toko baik itu toko souvenir atau beberapa tempat makan menerima pembayaran dengan uang dollar. Untuk masalah visa, kamu tak perlu cemas karena Maldives memberikan bebas visa selama 30 hari bagi wisatawan asal Indonesia. Jadi, siapapun bisa langsung datang ke Maldives cukup dengan paspor dan tiket pesawat.

4Tempat Penginapan

Biaya hidup di Maldives bisa dibilang cukup mahal. Maka itu, kamu harus cerdik dalam memilih penginapan di Maldives yang sesuai budget. Kenali dulu budget kamu yang kamu siapkan untuk penginapan jika kalian ingin hemat, kalian cukup menginap di pulau-pulau lokal, seperti Pulau Male, Guraidhoo, Hulhumale, Thulusdhoo, dan Maafushi. Dipulau-pulau tersebut banyak guest house dan hotel dengan harga USD 351 per malam. Pastikan pula kamu menanyakan fasilitas yang bisa didapatkan, misalnya sarapan, AC, TV, WiFi, hingga layanan boat untuk antar-jemput bandara atau ketempat wisata lain dimaldives. Untuk informasi dimaldives kamu perlu layanan boat untuk kemana-mana kecuali hanya bermain dipulau yang kamu tinggali kamu tidak perlu layanan boat dan setiap guest house dan hotel dipulau tersebut sudah disediakan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk keliling pulau tersebut.

Untuk menginap di resort privat, Anda harus menyiapkan dana minimal USD 500 per malam. Jika menginginkan kamar di atas air (overwater villa), maka siapkan setidaknya USD 700 per malam. Saat melakukan booking, cek apakah rate yang ditawarkan sudah termasuk makan dan minum, sebab biaya makan selama di resort bisa sangat mahal. Sebaiknya pilih layanan full board yang sudah mencakup sarapan, makan siang, dan makan malam.

Tip: Pesan kamar dengan tipe termurah melalui situs online namun pilihlah resort yang lokasinya tidak jauh dengan Velana International Airport sebab lokasi juga menentukan harga transportasinya karena resort yang murah dibawah USD 703 pasti letaknya cukup jauh sehingga harga boatnya juga akan sangat mahal dan bisa 2 kali dari harga penginapannya. Kemudian jika Anda ingin upgrade ke overwater villa, lakukan saat check-in di resort. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat beberapa ratus dolar dibandingkan jika memesan overwater villa melalui situs online.

5Transportasi

Sebagai negara kepulauan, Maldives menyediakan berbagai macam kapal feri sebagai transportasi utama. Kapal feri menghubungkan pulau-pulau lokal, seperti Pulau Male, Maafushi, Thulusdhoo, Guraidhoo, dan Dhiffushi. Harga tiket kapal ini sangat murah, sangat cocok untuk para backpacker. Untuk jadwal pemberangkatan, kapal feri umum selalu libur di hari Jumat dikarenakan agama resmi di Maldives adalah Islam, karena itu kapal feri tidak beroperasi selama waktu dzuhur pada hari Jumat. Keberangkatan transportasi kapal feri pada umum hampir setiap jam dengan durasi 10-90 menit tergantung pulau yang ingin dituju. Tarif menggunakan kapal feri ini berkisar USD 3 – USD 10 tergantung pulau yang ingin dituju.

Misalnya, dari bandara di Pulau Hulhule, kamu harus menyeberang ke Pulau Male dengan menumpang feri lokal seharga USD 3 per orang dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Namun, jika kamu ingin menuju pulau lokal lainnya seperti Pulau Maafushi, pergilah ke Jetty 1 atau Maafushi Ferry dari Pulau Male. Dengan membayar tiket kapal seharga USD 5 per orang, perjalanan dari Male ke Maafushi memakan waktu sekitar 90 menit. Bila ingin menghemat waktu, kamu bisa menyewa speed boat langsung dari bandara ke Pulau Maafushi. Harga tiketnya sekitar USD 20 per orang dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. Waktu ke maldives kami menggunakan speed boat yang dimana penumpangnya tidak terlalu ramai dan juga karena kami sampai dimaldives sudah sangat malam maka untuk mempersingkat perjalanan ke maafushi kami menggunakan speed boat.

Selain kapal ferry transportasi lain yang bisa digunakan adalah taxi, namun taxi hanya dapat digunakan ke pulau male dari Velana International Airport dengan bertarif flat USD 3 per orang dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Ada juga bus umum dengan tarif MVR 3 per orang yang mengelilingi pulau dan juga kamu bisa melanjutkan perjalanan berjalan kaki dari Velana International Airport menuju kota male. Jangan khawatir akan lelah, Kota Male hanya memiliki luas sekitar 5,8 km persegi.

Transportasi ke semua resort yang ada di Maldives hanya dapat diakses dengan layanan transportasi yang ditetapkan resort tersebut, dengan speedboat atau jet pribadi. Biaya menggunakan speedboat dari airport ke resort terdekat, contohnya Kurumba, besarnya USD 80 per orang untuk perjalanan pulang-pergi berdurasi sekitar 5-10 menit dan untuk resort anantara veli harga untuk speedboatnya sekitar USD 210 per orang.

Jika Anda memiliki budget lebih anda bisa memilih menggunakan seaplane, biaya pulang-pergi ke resort bisa mencapai sekitar USD 350 per orang, dengan durasi perjalanan sekitar 15 menit. Namun seaplane ini hanya untuk ke resort jika kalian sampai maldives malam seperti saya, saran saya kalian bisa menginap di maafushi atau pulau male dikarenakan harga penginapannya cukup terjangkau.

6Budaya Lokal

Maldives merupakan negara yang ditempati mayoritas umat Islam. Jadi, sebaiknya kamu mengikuti budaya lokal saat menginap di pulau-pulau lokal agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari.

  • Jangan minum alkohol di luar resort — Mengingat sebagian besar penduduk Maldives adalah Muslim, maka ada aturan ketat tentang konsumsi alkohol. Wisatawan tidak bisa membawa alkohol ke negara tersebut atau meminumnya di pulau-pulau lokal yang berpenduduk. Jika ingin minum alkohol, pilih tempat yang tepat seperti di resort dan kapal liveaboard berlisensi yang menjual minuman beralkohol.
  • Berpakaian sopan — Baik pria maupun wanita harus tidak boleh mengenakan celana pendek di atas lutut dan baju terbuka di pulau-pulau lokal. Selain itu, bikini juga tidak tidak boleh dipakai di pantai umum, kecuali digunakan di bikini beach atau pantai-pantai privat lainnya. Sementara bagi pasangan, kamu juga harus menahan diri untuk bermesraan di tempat publik.Itulah beberapa gambaran tentang Maldives dan panduan bagi kamu yang ingin berlibur ke negara kepulauan Maladewa ini dalam waktu dekat. Bagi yang ingin mencari informasi lain seputar tempat wisata di Indonesia maupun mancanegara,

7Makanan dan minuman

Berada di laut tropis, di Maldives kamu akan menemukan banyak makanan olahan laut. Para pencinta makanan laut pasti akan puas dengan banyaknya variasi makanan yang lezat. Sebagai negara yang ditempati mayoritas umat Islam, makanan yang ditawarkan di Maldives kebanyakan halal. Sesuai letak geografis yang berada di antara Sri Lanka dan India, makanan asli Maladewa pun kebanyakan seperti makanan India yang kaya rempah seperti kari. Saat di Maldives, sempatkan waktu untuk mencoba makanan lokal seperti masyuni roshi yang terbuat dari campuran ikan tuna, kelapa, dan cabai, lalu dimakan bersama roshi (roti tipis mirip chapati) dan telur mata sapi. Menu ini tersedia di hampir semua kafe dan warung sederhana di pulau-pulau lokal dengan harga murah dan dalam porsi besar. Bila memiliki budget ekstra, kamu bisa menyantap makanan di tempat makan eksklusif seperti restoran di dalam resor privat atau restoran bawah laut. Berbagai menu khas Asia, Barat, dan sebagainya bisa kamu pilih sesuai selera. Jika Anda menginap di pulau berpenduduk lokal, biaya makan bisa ditekan hingga USD 10- USD 30 per orang sehari dengan menu standar. Namun, jika Anda menginap di resort dan tidak memilih opsi full board atau all inclusive, siapkan anggaran minimal USD 100- USD 900 per hari untuk makan dan minum.

8Aktivitas seru

Ada banyak aktivitas dan atraksi menarik yang bisa kamu lakukan di Maldives. Saat matahari bersinar terik adalah momen yang ditunggu-tunggu wisatawan. Kamu dapat berjalan kaki di sepanjang pantai, berenang di pantai resor, snorkeling, diving, memancing, melihat atraksi lumba-lumba, hingga mencoba berbagai olahraga air. Beberapa hotel menyediakan peralatan snorkeling gratis. Jika tidak, ada banyak operator yang menawarkan paket perjalanan seperti island hopping, snorkeling, night fishing, hingga diving. Sementara untuk melihat lumba-lumba, kamu bisa menyewa perahu untuk mengantar ke tengah laut dan melihat kawanan lumba-lumba.

Jika kamu liburan dengan budget terbatas, tetapi ingin merasakan suasana resor mahal, cobalah ikut Resort Day Trip dengan biaya mulai dari USD 150 (tergantung resor yang dipilih). Biaya tersebut biasanya sudah termasuk fasilitas resort, seperti pusat kebugaran, snorkeling di pantai sekitar resor, dan makan siang buffet namun untuk makanan daging dan seafood ada harga tambahan lagi. Menarik, bukan?

Itulah beberapa gambaran tentang Maldives dan 8 Tips dan Trik Bulan Madu ke Maldives . Semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan yang lebih tentang maldives. Selamat bersenang-senang yaa!