Beranda Tips 8 Tips & Trik Traveling Dengan Budget Murah dan Menyenangkan

8 Tips & Trik Traveling Dengan Budget Murah dan Menyenangkan

Dalam merencanakan sebuah liburan, pertimbangan paling penting setelah destinasi wisata adalah budget. Liburan tidak melulu harus mengeluarkan banyak uang. Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan antara memenuhi keinginan dengan tetap menjaga pengeluaran. Bagaimana tips untuk liburan murah dan on budget? itu adalah pertanyaan yang selalu menghantui kita . Apakah anda merasakan hal yang sama?, jika iya mari kita membahas secara lebih detail tentang Trip & Trik Traveling Dengan Budget Murah dan Menyenangkan.

1. Riset dan Cari Teman Perjalanan yang Satu Visi

Saya percaya banget bahwa Riset dan Teman Perjalanan adalah penting bagi siapapun yang ingin pergi berlibur bagaimana tidak, bahwa ke dua (2) ini adalah pasangan yang saling erat keterkaitannya.

Teman perjalanan akan menentukan budget kamu, jika kamu pergi dengan teman yang memilih liburan mewah sedangkan kamu adalah orang yang simple dan sederhana, saya sarankan jangan pergi dengan orang yang memiliki visi berbeda dari pada nanti kamu kesel dan menjadi liburanmu berantakkan.

Riset dapat kamu gunakan untuk mencari referensi kamu dalam berlibur untuk menjadi bahan agar pengeluaran dapat terukur. Dengan riset, kamu memiliki gambaran akan pengeluaran selama liburan. Cari sebanyak-banyaknya informasi dari mulai alat transportasi yang akan dipakai untuk berangkat dan pulang serta transportasi di kota tujuan, penginapan, tempat makan kamu bisa cari review via mainasik.com , dan tiket masuk destinasi mana saja yang akan kamu datangi.

2. Rajin Cari Tiket Promo dan Jangan Pergi Saat High Season

Sesungguhnya orang yang dapat tiket promo akan mengalahkan orang yang dapat tiket yang udah dipesan berbulan bulan sebelum keberangkatan. Coba sering sering cek website low cost carrier airlines atau kalau males cek aja ke website pencarian tiket yang dengan sekali klik langsung keliatan tiket apa yang paling murah. Kalau bisa subscribe email dari airlines juga supaya langsung tau promo apa yang lagi ada. Soalnya biasanya mereka ngiriminnya lewat email.

Untuk Penggemar kereta, kamu bisa follow ig @keretaapikita serta twitternya karena disana mereka selalu mengupdate tiket promo ke tujuan mana saja. dan menurut saya itu cukup menguntungkan dibanding harus pesan dari jauh-jauh hari. karena menurut pengalaman saya, saya memesan tiket jauh-jauh hari namun saat mendekati hari H-26 atau sekitar 2 minggu lebih sebelum keberangkatan ternyata tiket promo sangatlah banyak dan saya sedikit kecewa .

Serta, Hindari bepergian pada high season, cari waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur. Bahkan jika memungkinkan, pergilah pada hari biasa, Anda akan menghemat banyak sekali biaya perjalanan Anda serta tempat wisata tidak terlalu penuh dan padat.

3. Buat Perincian Biaya

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah membuat perincian biaya perjalanan Anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan budget Anda untuk berjaga-jaga.

Rincian Budget saya adalah :

1.  Saat tiba di kota tujuan menurut saya hindari transportasi umum misalnya : angkutan, karena angkutan umum seperti mikrolet atau sejenisnya cukup membuat mu menghabiskan biaya, walaupun terdengar murah cukup 3rb – 5rb perorang namun satu angkut belum tentu menjangkau destinasi yang kamu inginkan. kecuali destinasi kamu hanya seputaran kota yang mudah di jangkau angkutan umum.

2.  Jika kamu pergi ber2 pesanlah kendaran motor karena menurut saya cukup menghemat. biasanya sewa motor berkisar 60 rb – 120 rb dan cukup bensin 40rb kamu sudah sangat menghemat, namun untuk bensin mintalah ke pihak penyewa untuk mencarikan motor yang irit bensin. dan jika kamu pergi ramai – ramai carilah sewa mobil dan cari patner pergi kamu orang yang pandai mengendari mobil karena dengan itu kamu tidak perlu membayar supir atau carilah tempat sewa yang menyediakan paket sewa bersama supir sehingga bisa meminim budget sekali.

3. Buat itinerary yang jelas (+ jangan lupa dijalani bener bener), Saya nggak suka kalau pergi nggak jelas tanpa arah. Jadi ada baiknya kamu bikin itinerary alias jadwal perjalanan supaya perjalanan kamu terorganisir dengan jelas. Jadi nggak perlu bingung bingung lagi mau kemana dan ngapain. Kalau mau bikin itinerary enaknya di Microsoft Excel sih bikin kolom kolom kayak date, day, activities, time, budget, dan transportation. Jadi jelas banget jam segini harus kemana dan ngapain. Tapi jangan lupa ya itinerarynya harus kesepakatan bersama. Dan juga yang terpenting adalah kalau bisa on time sesuai dengan jadwal yang udah dibuat supaya travelingnya asik dan semua momentnya dapet.

4. Jangan Menginap di hotel berbintang banyak

Anda tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar. jika kamu bingung penginapan apa yang seperti itu, kamu bisa baca review dari mainasik.com.

5. Pilih perjalanan malam

Untuk menghemat pengeluaran, kamu harus lebih cerdas dalam merencanakan perjalananmu. Termasuk dalam memilih waktu untuk bepergian. Sebagian orang melakukan perjalanan pada siang hari. Hal ini berguna karena saat sampai tempat tujuan mereka bisa langsung melakukan check-in di hotel atau penginapan yang telah mereka pesan sebelumnya. Namun, bagi para traveler yang ingin menghemat pengeluaran, tips traveling dengan budget minim selanjutnya adalah menghindari perjalanan pada siang hari. Karena pastinya pengeluaran yang dikeluarkan akan lebih banyak. Kamu dapat mencoba untuk bepergian saat malam hari. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap. Pagi hari pun kamu sudah dapat mulai mengeksplorasi tempat tujuan dengan tubuh yang lebih fresh karena kamu sudah tidur di perjalanan.

Untuk barang, kamu bisa menitipkan di hotel tempat kamu menginap agar barang yang kamu bawa tidak terlalu merepotkan kamu, jadi sebelum berangkat pisahkan terlebih dahulu barang apa yang kamu tinggal dan yang kamu bawa dan saya sarankan bawalah tas kecil untuk menaruh barang bawaan yang akan kamu bawa selama kamu mengexplore tempat destinasi tujuan kamu.

6. Hindari Berbelanja di Tourist Spot

Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain. bagi saya malah jangan beli oleh – oleh karena banyak faktor yang mempengaruhi jika kamu membeli oleh – oleh .

1.  Kamu akan menambah bawaan, jika kamu naik pesawat kamu harus memperhatikan berat bagasi yang diberikan maskapai ke kita, jika membeli oleh – oleh secara tidak langsung kamu akan menambah berat bagasi kamu.

2. Kamu harus menyisihkan biaya lebih dari biaya yang kamu siapkan untuk di perincian biaya sebelumnya. kenapa biaya lebih ? karena kita tidak akan pernah tahu harga setiap barang yang kita beli sebelumnya karena beda toko beda pula harganya bahkan di toko yang sama pasti berbeda pula harga tiap waktunya

 7. Makan Tidak Harus Mewah.

Saat kamu pergi berlibur, kamu tidak harus mengkonsumsi makanan yang mahal dan mewah. Terkadang banyak orang yang tidak dapat menahan godaan untuk jajan. Membeli jajan sah-sah saja selagi kita selalu ingat untuk tidak sampai melebihi budget. Dengan jenis makanan yang sama, kamu bisa mendapatkan range harga yang berbeda-beda tergantung dimana kamu membelinya. Makanan unik dan khas tradisional setempat yang kamu beli di restoran atau hotel tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan makanan sama yang kamu beli di pasar tradisional setempat. Tentunya makanan yang kamu beli di pasar tradisional jauh lebih terjangkau. namun perlu kamu ketahui sebelum kamu makan di tempat tradisional terlebih dahulu kamu tanyakan harga perporsi makanan yang kamu makan agar menghindari lonjakan harga yang tiba – tiba diberikan oleh penjual.

8. Waspada dan tetap bersikap wajar

Saking asiknya jalan jalan, jangan sampai kamu jadi lalai dan ada barang yang tertinggal. Pokoknya tetap waspada sama sekeliling, apalagi kamu di negeri orang. Dan jangan lupa untuk tetap bersikap wajar. Maksudnya ya jangan bikin kegaduhan dan keributan. Be nice to people. Ucapkan halo ketika bertemu orang dan terima kasih ketika mau pamit atau dikasih sesuatu. Pokoknya ya bersikap baik supaya (insya Allah) tetap aman dan jangan tertawa berlebihan karena hidup tidak hanya kita saja yang berada disana.