Beranda Jalan Jalan Cuy 9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

9 Air terjun Tertinggi di Indonesia, Indonesia adalah suatu negara yang memiliki sumber air yang banyak. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keindahan alam yang dapat menarik jutaan wisatawan dari Mancanegara maupun wisatawan dari dalam negeri. Mulai dari Air Terjun yang ketinggian beberapa meter hingga puluhan meter bahkan sampai ratusan meter tingginya terdapat di indonesia.

Pada dasarnya Air Terjun adalah aliran air yang terbentuk ketika air jatuh bebas dari tempat yang tinggi sehingga menggerus dasar sungai dan membentuk cekungan yang berbentuk Kolam. Karena keindahan air terjun dijamin Anda akan dibuat bangga telah mengunjunginya. Letaknya yang menyebar di pelosok nusantara seakan mengisyaratkan Anda untuk berkeliling Indonesia. Kesejukan wisata air terjun sulit tertadingi dengan tempat wisata air lainnya, sehingga walaupun juga terkadang letaknya berada di tengah hutan, masih saja banyak pecintanya untuk menengoknya.

Nah berikut ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia yang pastinya sangat indah, ketinggiannya bukan lagi puluhan meter melainkan ratusan meter.

1Air Terjun Sigura-gura 250 Meter

Air terjun yang paling tinggi di Indonesia adalah air terjun Sigura-gura. Lokasinya di Desa Pintu Pohon Dolok, Kecamatan Pintu Pohon Meranti, Kabupaten Toba Samosir. Medan, Sumatera Utara. Air terjun elok nan gagah satu ini berasal dari sungai Asahan yang airnya datang dari Danau Toba. Selain pemandangan alam yang asri, sebelum sesampai di titik lokasi air terjun, Anda juga akan disambut suara gemuruh riuh bunyi guyuran keras Sigura-gura. Lebih mendakat lagi, maka panorama yang luar biasa indah nan sejuk akan Anda jumpai. Air terjun ini bisa dikatakan sebagai air terjun paling tinggi di Indonesia karena ketinggiannya mencapai 250 meter.

2Air Terjun Madakaripura 200 Meter

Air terjun tertinggi kedua adalah air terjun kepunyaan Desa Branggah, Desa Negororjo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Air terjun Madakaripura berbentuk curug yang dikelilingi tebing-tebing tinggi, airnya mengealir di seluruh bidang tebing tersebut sehingga terlihat seperti sedang hujan. Pemandangannya Air Terjun Madakaripura sangat cantik, airnya jernih, juga sangat dingin namun menyegarkan. Daya tarik lainnya adalah, di kawasan lokasi air terjun Madakaripura terdapat sebuah goa yang dikenal sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada.

3Air Terjun Nokan Nayan 180 Meter

Air terjun yang berada di pedalaman sisi barat Pulau Kalimantan ini ternyata merupakan salah satu air terjun tertinggi dan terbesar di Indonesia, ketinggiannya lebih dari 180 meter. “Nohkan” berarti air terjun dan “Lonayan” adalah nama sungai dimana air terjun Nokan Nayan terbentuk.

Sebenarnya air terjun yang berada di Kabupaten Sintang, Kal Bar (Kalimantan Barat) ini terdiri dari dua air terjun dengan dua sumber sungai berbeda namun kedua air terjun tersebut jatuh bersamaan dalam lembah yang sama. Air terjun yang satunya bernama Air Terjun Jongonoi yang ketinggiannya hampir sama dengan Nokan Nayan.

Perpaduan kedua air terjun ini menghasilkan debit air yang sangat deras, terlebih saat musim hujan. Efek dari deras air terjunnya bisa menciptakan embun/ kabut tebal yang membumbung tinggi dan membentuk lukisan pelangi abadi di bawahnya saat siang terik.

4Air Terjun Payakumbuh 150 Meter

Mmemiliki ketinggian mencapai 150 Meter, menjadikan Air Terjun Payakumbuh menjadi air terjun tertinggi keempat Indonesia dan tertinggi nomor dua di Pulau Sumatera setelah Air Terjun Sigura-gura. Untuk menikmati pesona air terjun indah ini, Anda langsung saja datang ke Desa Ngarai Harau, Sumatera Barat. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilommeter dari Kota Bukittinggi. Di wilayah ini terdapat perbukitan yang mana di sela- sela perbukitan tersebut dan juga lembah harau terdapat sebuah jurang yang sangat dalam. Di jurang tersebut terdapat air terjun yang sangat indah. Yang menjadi keindahan tidak biasa di air terjun ini yakni dipenuhi oleh kupu- kupu yang beterbangan, sehingga menjadi sangat spesial.

5Air Terjun Batang Kapas 133 Meter

Sering disebut juga Air Terjun Pangkalan Kapas atau Air Terjun Lubuk Linggau keindahan air terjunnya tidak diragukan lagi, lokasinya yang dikelilingi hutan “perawan” dan beragam flora dan fauna menjadi keseruan tersendiri bagi sahabat traveler sejati. Air Terjun Batang Kapas beralamat di Desa Lubuk Bigau, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

6Air Terjun Sipo-sipo 120 Meter

Lagi-lagi kepunyaan Pulau Sumatera, Air Terjun Sipo-sipo berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. letaknya sekitar 25 kilometer dari Kota Kabanjahe. Air terjun ini mempunyai ketinggian hingga 120 meter. Panorama wisata air terjun satu ini berhasil menggait banyak wisatawan untuk mengunjunginya, menyaksikannya dari jauh saja terlihat sangat gagah, apalagi jarak dekat. Keindahannya sungguh “aduhai”. Anda bisa memanfaatkannya dengan pepotoan sebanyak-banyaknya. Tak apalah tanpa kamera SLR/DSLR, kamera smartphone Anda pun jadi. Latar seindah air terjun Sipo-sipo selalu meberikan hasil jepretan berkelas.

7Air Terjun Tumpak Sewu 120 Meter

Air terjun Tumpak Sewu yang airnya tidak pernah berhenti mengalir meski di musim kemarau sekalipun ini bisa Anda jumpai di Perbatasan Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang, Jawa timur. Air terjun Tumpak Sewu atau banyak juga menyebutnya Coban Sewu menawarkan keindahan air terjun yang sulit tertandingi di Jawa Timur, bahkan Pulau Jawa. Istemewa bukan? Air terjun yang sumber airnya berasal dari aliran sungai Glidih ini memiliki ciri khas bentuk air terjunnya yang memanjang bak tirai. Sudah cukup membuat Anda penasaran dengan keindahan sesungguhnya? Buruan jadwalkan liburan Anda untuk mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu.

8Air Terjun Jarakan 115 Meter

Air terjun Jarakan yang airnya tidak pernah lelah jatuh, meski sudah jatuh berkali-kali. Air terjun ini ada di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Magetan, Kecamatan Plaosan, Desa Ngancar. Objek wisata air terjun Jarakan dikelola oleh pmerintah setempat. Panoramanya yang memesona, membuatnya mendapati banyak pengnjung, terutama saat weekend maupun hari libur lain.

9Air Terjun Kabut Pelangi 110 Meter

Air terjun Kabut pelangi adalah sebuah air terjun yang berada di Kawasan Provinsi Lumajang, Jawa Timur. Air terjun Kabut pelangi ini juga dikenal dengan nama Coban Kabut Pelangi. Dari namanya saja sudah terdengar menggoda, dinamakan air terjun pelangi karena di lokasi air terjun sering terlihat pelangi yang diakibatkan oleh pembiasan antara air dan cahaya matahari. Air terjun Kabut pelangi berada di dataran tinggi 492 mdpl dan Air terjun ini merupakan air terjun yang berdekatan dengan air terjun Tumpang Sewu, yakni berada di sekitar tebing terjal sungai Glidih. Debit air dari air terjun ini berasal dari beberapa sungai seperti Sungai Ranu dan Sungai Besukbang. Kedua sungai ini apabila kita telusuri maka akan berhulu di Gunung Semeru sebagai Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Pe sangat indah pemandangan di air terjun ini sangat indah karena selain berada di tebing, air terjun ini dikelilingi oleh hutan- hutan yang pohonnya berwarna coklat.

 

Itulah 9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia Selian tertinggi, air terjun tersebut juga merupakan tempat yang sangat indah untuk kita kunjungi, maka dari itu harus dilestarikan. yuk dipilih air terjun mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu.