Beranda Jalan Jalan Cuy 7 Tempat Wisata Ekstrim di Indonesia yang Lagi Hits

7 Tempat Wisata Ekstrim di Indonesia yang Lagi Hits

Tempat wisata ekstrim di Indonesia berikut ini dikhususkan untuk kamu yang bernyali tinggi. Tempat wisata apa saja? Lanjutkan membaca!

Indonesia dengan keelokan alam dan keramahtamahan warganya berhasil mencuri perhatian wisatawan lokal mauapun mancanegara untuk mengunjunginya. Dan faktanya entah karena itu bosan dengan sensasi wisata yang itu-itu saja, tak sedikit dari wisatawan yang memilih berlibur di tempat wisata yang memiliki nuansa menantang dan cukup berbahaya. Hal ini menjadi sebuah tantangan yang harus ditaklukan.

Untuk para traveler pemberani, uji dan tantang diri kamu dengan mengunjungi  lokasi wisata ekstrim Indonesia di bawah ini.

1Pulau Ular Nusa Nipa, Bima, NTB

Tak dihuni manusia, Pulau Nusa Nipa, di Bima, Nusa Tenggara Barat ini justru dihuni ribuan ular laut. Pulau ini berjarak 500 meter dari Pantai Oi Caba di Kecamatan Wera, untuk mengunjunginya kamu harus menaiki perahu dari pantai selama 20 menit lamanya.
Eits, jangan sembarangan menyentuhnya ya karena ular-ular ini adalah ular jenis beracun. Kabarnya, ular di pulau Nipa harus terlebih dahulu dipegang oleh orang lokal, tidak boleh dilanggar, jika tidak, bisa digigit oleh ular itu.
Untuk memegang ular tidak perlu menggenggam dengan erat, cukup biarkan ular berkeliaran di tangan Anda. Berani? Sebaiknya minta temani pemandu lokal yah.

2Blue Lagoon Cliff Jumping

Bali yang eksotis ini, ternyata menyimpan wisata ekstrim juga ya. Blue Lagoon Cliff Jumping, namanya. Kamu bisa melompat dari sebuah tebingg tinggi mulai dari ketinggian 8 meter, 9 meter dan 13 meter yang di bawahnya akan disambut oleh ganasnya ombak laut. Jika sudah mendarat di air, tetap tenang ya dan segera angkat tubuh dan berenang menuju permukaan air. Seru yah!

Bagi sebagian orang, aksi terjun bebas ke laut lepas ini tentu dianggap sebuah aktivitas yang menakutkan alias ekstrim. Namun bagi yang bernyali besar, tidak takut dengan ketinggian, pasti sangat menyukai dengan tantangan Blue Lagoon Cliff Jump ini.
Lokasinya di wilayah Nusa Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Waktu terbaik mencicipi wisata ekstrim satu ini adalah saat musim panas sekitar bulan Juni sampai Oktober.

3Panjat Tebing di Lembah Harau Sumatera Barat

Kamu doyan memanjat? Tempat wisata ekstrim di Indonesia satu ini sudah menanti untuk kamu panjat. Panjat Tebing di Harau menawarkan sensai climbing yang tak biasa, para pecandu wisata adrenalin dihadapkan dengan bukit cadas terjal setinggi 150 meter yang harus ditaklukkan.

Keistemewaa lembah Harau lainnya adalah kamu bisa menyaksikan hamparan sawah hijau, udara sejuk, air terjun yang menyegarkan, dan beberapa gua yang berada di ketinggian tebing.

Nah, bagi kamu yang ingin menjajal tebing Lembah Harau dan segala panoramnya datang saja ke Desa Harau, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Akan menghabiskan waktu 3 jam perjalanan dari pusat Kota Padang.

4Diving di Banua Wuhu, Gunung Berapi dalam Laut

Sudah pernah merasakan sensasi melihat aktivitas gunung berapi dalam laut? Belum? Untuk merasaknnya, kamu bisa menyelam di Banua Wuhu. Banua Wuhu merupakan gunung berapi di Kabupaten Kepulaun Sangihe, Sulawesi Utara. Gunung berpi ini berada di dasar laut dengan ketinggian 400 meter dari dasar laut dan hampir mencapai permukaan. Keindahan bawah lautnya tak kalah unik dari Volcano Diving Center di Santorini, Yunani. Berani? Yuk packing!. Dan bagi yang belum berani, anggap saja informasi ini sebagai tambahan info wisata di Sulawesi yang cukup menakutkan.

5Menaklukkan Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini semakin populer semenjak novel dan film 5 cm booming di Indonesia. Kondisi gunungnya yang masih aktif, medan yang terjal dan cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pendakinya. Hadiah ketika berhasil mendaki gunung setinggi 3.676 mdpl ini adalah keindahan alam yang tak terbantahkan. Pemandangan matahari terbit (sunrise) maupun matahari tenggelam  yang memukau, serta hamparan lautan awan bak “negri di atas awan” tidaklah sulit ditemukan dari gunung Semeru yang puncaknya bernama Mahameru.

Spot favorit lainnya di Gunung Semeru adalah Tanjakan Cinta, Padang Lavender, Oro Oro Ombo, Ranu Kumbolo dan Kalimati. Serta Kawah Jonggring Saloko.
Kondisi tubuh yang benar-benar fit merupakan modal utama, karena pendakian akan dilakukan selama 4 hari. Gunung Semeru terletak di antara kabupaten Malang dan Lumajang.

6Surfing di Mentawai

Wisata ekstrim satu ini sudah sangat familiar ditelinga para pecinta olahraga surfing dunia. Bagaimana tidak, kesempurnaan ombaknya yang ganas menjadikannya sebagai salah satu spot surfing terbaik di dunia. Banyak yang berkomentar keindahannya tak kalah dari Waikiki di Hawaii dan San Clemente di california.

Setidaknya terdapat 72 titik lokasi berselancar di perairan Kepulauan Mentawai, dengan 49 titik merupakan kategori eklusif. Ombak tingginya mulai dari 1,5 meter sampai 4,5 meter. Saat berwisata ke sini jangan heran ya jika banyak menjumpai peselancar dunia!

Nah, bagi wisatawan yang tidak ahli olahraga air ini, jangan khawatir. Pengunjung tetap bisa menikmati keindahan pantai di Mentawai, bisa bermain air di tepiannya saja, bermain pasir, menunggu dan menyaksikan sunset, berkuliner, dan pastinya berfoto ria.

7Paralayang di Matantimali

Olahraga terbang bebas menggunakan parasut ini memang banyak bertebaran di Indonesia. Tapi, yain deh, aktivitas Paralayang yang super memacu adrenalin adalah Matantimali punya.

Mantantimali adalah sebuah desa di atas pegunungan Verbek di Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi tengah. Lepas landas dari pegunungan Matantimali ini, kamu bisa merasakan sensasi terbang mengudara dari ketinggian 1000 meter. Untuk mencoba Paralayang di Matantimali yang tak kalah dari lokasi paralayang di Annecy Prancis atau Danau Oludeniz Turki ini diperlukan skil olahraga paralayang yang memadai.

Itulah tempat wisata ekstrim di Indonesia yang lagi hits. Sudah kebayang wisata ekstrim mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Jika iya, segera persiapkan segala kebutuhan dari sekarang.